Looking at its concept, I am not convinced. They said that they are targeting students, but what it really does I don’t understand. Besides, I have to use Facebook to sign in. Don’t ask me why I can’t use Google +
Memorandum Rahasia dalam UU KIP #2
Perbandingan gaji rata rata bachelor, master dan doktor di Jerman
(Via Iscabus) Berikut adalah perbandingan rata rata gaji Bachelor (S1), Master (S2) dan Ph.D (S3) di Jerman. Rupanya gaji rata rata lulusan hukum cukup tinggi.
Sumber: mba-master.de
Master vs. Ph.D
Fachrichtung / Titel | unteres Quartil | Durchschnittsgehalt | oberes Quartil |
Betriebswirtschaftler Master | 36.600 € | 44.172 € | 54.058 € |
Betriebswirtschaftler mit Promotion | 45.311 € | 58.766 € | 72.673 € |
Juristen Master | 38.600 € | 45.300 € | 54.996 € |
Juristen mit Promotion | 48.725 € | 60.152 € | 81.873 € |
Naturwissenschaftler Master | 36.039 € | 40.338 € | 50.476 € |
Naturwissenschaftler mit Promotion | 42.112 € | 49.860 € | 60.000 € |
Ingenieure Master | 39.821 € | 45.175 € | 52.469 € |
Ingenieure mit Promotion | 43.750 € | 54.600 € | 62.686 € |
Geisteswissenschaftler Master | 27.500 € | 34.755 € | 42.870 € |
Geisteswissenschaftler mit Promotion | 30.349 € | 37.996 € | 48.849 € |
Datum: 3/11
Quelle: PersonalMarkt
Master vs. Bachelor
Fachrichtung / Titel | unteres Quartil | Durchschnittsgehalt | oberes Quartil |
Betriebswirtschaftler Master | 36.000 € | 41.992 € | 52.469 € |
Betriebswirtschaftler Bachelor | 28.800 € | 34.425 € | 40.580 € |
Juristen Master | 33.600 € | 42.379 € | 51.996 € |
Naturwissenschaftler Master | 35.610 € | 41.000 € | 50.329 € |
Naturwissenschaftler Bachelor | 24.639 € | 29.914 € | 36.336 € |
Ingenieure Master | 38.967 € | 44.200 € | 50.963 € |
Ingenieure Bachelor | 35.547 € | 39.957 € | 44.853 € |
Geisteswissenschaftler Master | 26.479 € | 33.227 € | 39.911 € |
Geisteswissenschaftler Bachelor | 24.000 € | 29.353 € | 35.064 € |
Datum: 3/11
Quelle: PersonalMarkt
Gehalt Master vs. Diplom
Fachrichtung / Titel | unteres Quartil | Durchschnittsgehalt | oberes Quartil |
Betriebswirtschaftler Master | 36.000 € | 41.992 € | 52.469 € |
Betriebswirtschaftler mit Diplom | 35.277 € | 40.800 € | 46.868 € |
Juristen Master | 33.600 € | 42.379 € | 51.996 € |
Juristen mit Diplom | 31.200 € | 38.400 € | 47.662 € |
Naturwissenschaftler Master | 35.610 € | 41.000 € | 50.329 € |
Naturwissenschaftler mit Diplom | 34.852 € | 42.173 € | 49.813 € |
Ingenieure Master | 38.967 € | 44.200 € | 50.963 € |
Ingenieure mit Diplom | 38.680 € | 44.609 € | 51.200 € |
Geisteswissenschaftler Master | 26.479 € | 33.227 € | 39.911 € |
Geisteswissenschaftler mit Diplom | 26.400 € | 31.490 € | 38.682 € |
Datum: 3/11
Quelle: PersonalMarkt
Memorandum Rahasia dalam UU KIP
Saya ada 2 pertanyaan:
The quit facebook campaign
We use Internet Explorer to install Chrome. We use facebook to lure its users to Google Plus.
No, I dont have any shares in google.
“Read-Only” Politics, Dana Kampanye dan Audit Pemilu
Presentasi Lessig di postingan saya sebelumnya mengkritik praktek lobi dana kampanye di Amerika yang membuat politik menjadi – istilah Lessig – “read only”, tanpa partisipasi yang berarti.
Lessig punya solusi: dana kampanye harus didanai oleh publik, tidak lagi lewat korporasi korporasi dengan lobinya. Ide yang bagus sekali, karena dengan publik mendanai kampanye, “principal” dari politisi bukan lagi korporasi, melainkan publik.
Dana kampanye di Indonesia juga mendapat subsidi negara, dan ada pembatasan pemberian dana sumbangan. Tapi tetap banyak sumbangan-sumbangan tidak bisa di kontrol dan biaya politik secara keseluruhan sangat tinggi.
Saya kutip dari pidato Sri Mulyani:
Dan proses ini ternyata juga tidak murah dan mudah. Sudah banyak orang yang mengatakan untuk menjadi seorang jabatan eksekutif dari level kabupaten, kota, propinsi, membutuhkan biaya yang luar biasa, apalagi presiden pastinya. Dan biayanya sungguh sangat tidak bisa dibayangkan untuk suatu beban seseorang. Saya menteri keuangan saya biasa mengurusi ratusan triliun bahkan ribuan, tapi saya tidak kaget dengan angka. Tapi saya akan kaget kalau itu menjadi beban personal.
Seseorang akan menjadi kandidat mengeluarkan biaya sebesar itu. Kalkulasi mengenai return of investment saja tidak masuk. Bagaimana anda mengatakan dan waktu saya mengatakan sya lihat struktur gaji pejabat negara sungguh sangat tidak rasional. Dan kita pura-pura tidak boleh menaikkan karena kalau menaikkan kita dianggap mau mensejahterakan diri sebelum mensejahterakan rakyat. Sehingga muncullah anomali yang sangat tidak bisa dijelaskan oleh logika akal sehat, bahkan Rocky bilangnya ada akal miring. Saya mencoba sebagai pejabat negara untuk mengembalikan akal sehat dengan mengatakan strukturnya harus dibenahi lagi. Namun toh tetap tidak bisa menjelaskan suatu proses politik yang begitu sangat mahalnya.
Bagaimana cara mengatasinya? Mari sedikit brainstorming:
Pertama harus ada pembatasan dana kampanye dalam undang undang.
Kedua harus ada pembatasan dari segi suplai dan demand dana kampanye. Demand dana kampanye besar tentu berasal dari publik dan tidak mudah mengontrolnya. Perlu semacam Voter’s Education yang mengubah preferensi publik terhadap kandidat atau partai dari obyek material menjadi ideal/konseptual. Tapi melihat politik Indonesia yang primordial seperti ini, tentu tidak mudah.
Ketiga harus ada audit kampanye dengan insentif kepada auditor untuk memburu “over budgetting”. Setiap kampanye harus memiliki pembukuan dan pembukuan tersebut harus dilaporkan. Audit kampanye harus bisa melacak dana kampanye yang “off budget”.
Republic Lost, a must watch presentation by Lawrence Lessig about corruption and democracy in the USA
Lessig is an expert in Intellectual Property Rights and founder of Creative Commons. He now changed his research subject into corruption.